Headlines News :
Home » » Waspada Nugget Ber-formalin

Waspada Nugget Ber-formalin

Written By AKADEMI KIMIA ANALISIS CARAKA NUSANTARA on 29 Desember 2010 | 22.18

Waspada Makanan "Nugget" Formalin

Saat ini kembali merebak isu makanan yang mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya apabila dikonsumsi khususnya anak-anak. Penganan kegemaran anak-anak ini ternyata ada yang membuatnya dari ayam tiren (mati kemaren) atau bangkai ayam dan ikan busuk. Untuk menyamarkan bau busuk pembuat menggunakan formalin bahkan ada yang menggatinya dengan natrium benzoat melebihi ambang batas(mestinya 1000 tapi ternyata 2.250mg), terlebih lagi bahan campurannya tepung terigu yang sudah kadaluarsa.

Setelah ada tahu, mie bakso formalin, susu melanin, jamu beracun, dendeng sapi campur babi, sekarang yang tengah beredar dipasaran atau disekolah yaitu nugget formalin. Untuk itu sebagai orang tua harus selalu extra memperhatikan jajanan yang dikonsumsi anak-anak di sekolah karena ternyata panganan ini banyak dijajakan di sekolah-sekolah.

Adapun beberapa ciri-ciri panduan untuk yang mengkonsumsi nugget yang tidak terdaftar atau palsu, yaitu :

  • Harga relatif murah
  • Lebih kenyal daripada nugget yang sehat
  • Warnanya lebih mencolok (efek pewarna)

Nugget merupakan makanan siap saji karena selain mudah didapat nugget juda mudah dimasak. Makanan siap saji yang dimaksud adalah jenis makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis, atau diolah dengan cara sederhana. Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan memberikan berbagai zat aditif untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa bagi produk tersebut.

Makanan siap saji biasanya berupa lauk pauk dalam kemasan, mie instan, nugget, atau juga corn flakes sebagai makanan untuk sarapan.

Bagaimanapun makanan siap saji pasti mengandung zat adiktif yaitu Zat aditif merupakan bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambahkan rasa dan memantapkan kesegaran produk tersebut.

Bahaya makanan siap saji termasuk nugget terhadap kesehatan dapat secara langsung maupun tidak langsung dalam jangka pendek maupun jangka panjang diantaranya merusak sistem pernafasan, kanker hati, kerusakan otak, hipertensi, ketidak mampuan belajar, gangguan saraf dan tumor otak.

Fenomena tentang makanan siap saji ataupun nugget yang palsu merupakan masalah kita bersama yang membutuhkan perhatian, bukan saja pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau Dinas Kesehatan yang harus selalu memperhatikan hal tersebut.

Kita sebagai konsumen harus tetap waspada terhadap makanan yang beredar tanpa izin produksi dan kadaluarsa yang jelas untuk tetap menjaga kesehatan keluarga.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Puisi | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara (AKA Depok) - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger